Kamu mau invest di tanah ? ketahui dulu kelebihan dan kekurangannya - Pojok Investor

Kamu mau invest di tanah ? ketahui dulu kelebihan dan kekurangannya



Tanah merupakan salah satu investasi yang digemari banyak orang. harganya yang meningkat serta banyaknya kebutuhan akan lahan kosong membuat orang memilih investasi di tanah yang kemudian akan dijual dengan harga yang tinggi maupun disewakan.

Namun semua instrumen investasi pasti memiliki .

Berikut merupakan kelebihan dan kekuranagn dalam investasi di Tanah

Kelebihan :



  • Harga selalu naik
Ini merupakan alasan umum kenapa orang memilih investasi di tanah. Dan iya, harga tanah selalu naik tiap tahunnya karena dibutuhkannya lahan untuk pembangunan baik unutk perumahan ataupun kantor (terutama di kota-kota besar). Meski bergitu, harga tanah ternyata bisa turun.


Penurunan tanah memang bisa terjadi kapan saja (bisa dilihat dengan penawaran harga yang turun pada suatu waktu), namun biasanya akan pulih dengan cepat.
  • Tidak butuh perawatan
Kelebihan lain dari invetasi di tanah adalah tidak memerlukan perawatan secara berkala. hal ini karena nilai dari tanah yang dibeli tidak akan berubah walapun di atasnya tertutup oleh rumput liar. Perawatan yang biasa dilakukan adalah pada saat akan melakukan pembanguann di atasnya, bisa dengan pembersihan dari material-material di atas tanah maupun melakukan perataan.
  • Bisa dijual secara utuh maupun dibagi-bagi
Punya tanah se-hektar tapi tidak mau dijual ? tinggal di petakan saja. Ini merupakan perlakuan yang biasa dilakukan bagi mereka yang memiliki lahan luas.

Pembagian tanah ini biasanya dilakukan untuk pembuatan ruko ataupun dijual lagi dalam bentuk tanah.
  • Bisa digunakan untuk bisnis lain
Jika kamu mau beli tanah namun mau dijual 10 tahun setelahnya (nunggu lama biar terasa kenaikan harganya), untuk mengisi waktu tersebut bisa kamu gunakan untuk mendirikan bisnis di atasnya. Bisnis tersebut bisa berasal dari kamu maupun disewakan dan dikelola orang lain dan kamu dapat uang sewa dari bisnis tersebut.

Jika tanah kamu berada dekat dengan pusat perbelanjaan seperti mall, tanah tersebut bisa kamu ubah menjadi tempat parkir sederhana yang mampu menghasilkan uang tambahan ke rekening. Dengan begini pendapatan kamu akan bertambah baik dari tampat parkir tersebut ataupun dari penjualan tanah (jika dijual).
Kekurangan : 


  • Adanya sengketa
Berhati-hati dalam memilih tanah yang akan kamu beli. Sengketa tanah bisa terjadi pada daerah yang rawan walaupun kamu memiliki dokumen asli. Contohnya adalah kamu memiliki tanah di X, namun tanah tersebut merupakan tanah adat yang merupakan milik desa sebelah secara turun-temurun. Hal hal seperti itu dapat menyebabkan adanya gesekan antara kamu sebagai pembeli tanah tersebut dengan masyarakat desa yang memiliki tanah tersebut.
  • Harga bergantung lokasi
Harga dari tanah sangat bergantung dari lokasi dimana kamu membelinya. Jika berada di pinggir jalan yang bisa dilewati oleh 4 mobil, maka harga tanah tersebut akan sangat mahal karena aksesnya yang gampang dan cocok dibisniskan.

Apabila tanah tersebut berada di gang yang sempit, dengan akses keluar masuk yang susah, maka harga tanah tentu akan rendah dan jarang ada orang yang minat. Ditambah lagi apabila lokasi tersebut sering terkena banjir ataupun berada di daerah terpencil. Sehingga hindarilah memilih tanah dengan ciri-ciri tersebut.
  • Harus memiliki dokumen sah
Hal paling penting dalam memilih tanah adalah pastikan dulu dokumennya. Dokumen ini penting sebab di dalamnya terdapat keterangan kepemilikan tanah dan ukuran tanah tersebut.

Dokumen tersebut juga bisa digunakan sebagai "senjata" apabila terjadi hal yang tidak dinginkan. Sehingga jika dokumennya tidak valid maka akan susah untuk meyakinkan kamu sebagai pemilik tanah tersebut
  • Perlu uang lebih
Ini merupakan penghambat utama dalam investasi tanah, mahal. Harga tanah yang meningkat mengakibatkan cuman orang yang memiliki uang yang mampu membelinya.

Namun sekarang ini untuk membeli tanah tidak harus membelinya langsung dengan uang pribadi. Kamu bisa menggunakan Kredit Pembelian Tanah (KPT) untuk memiliki tanah tanpa menggunakan uang pribadi, namun tentu ada syarat untuk dapat memanfaatkan fasilitas tersebut.



Sebelum melakukan investasi di tanah ada baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekuranganya, sebab pengetahun dalam berinvestasi merupakan dasar dalam melakukan investasi guna memperkecil resiko yang ada.



galeri saham

About galeri saham

Author Description here.. Seorang pecinta manisan yang masuk dalam dunia investasi

Subscribe to this Blog via Email :